Kepatuhan Provinsi Papua Sebagai Badan Publik Pada Monev Keterbukaan Informasi (MONEV-KI) Tingkat Nasional Tahun 2022

JAYAPURA - Mengikuti Monev Keterbukaan Informasi (MONEV-KI) Badan Publik secara nasional yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat, bagi Pemerintah Provinsi Papua adalah salah satu perwujudan transparansi kinerja pemerintahan, Pada Tahun 2022 Pemerintah Provinsi Papua berpartisipasi aktif didalamnya dengan tema ?Digitalisasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Dalam Masa Recovery Covid-19?.

Menjaga Keterbukaan Informasi Publik bagi Pemprov Papua diperlukan Inovasi Pelayanan Informasi Publik yang berkesinambungan yang didalamnya ada 4 (empat) hal besar yang terus dan harus diupayakan, diantaranya Menjaga kinerja dan Informasi saluran media PEMDA yang merupakan beranda digital yang dapat dikunjungi oleh Publik, Menjaga kinerja hubungan antar lembaga dan media, Menjaga kinerja dan inovasi penerapan Teknologi Informasi pada layanan kinerja Pemerintah, serta tak kalah pentingnya adalah melakukan penguatan Literasi pada publik dan ekspose kinerja pemerintahan secara berkala. Khusus pada masa recovery Covid-19 Pemprov Papua melalui SKPD teknis memberikan penguatan pada Akses Ekonomi Riil melalui Penguatan UMKM menuju UMKM GO DIGITAL. 

Empat hal besar tersebut diatas yang disampaikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan KESRA Sekda Papua, DR. Drs. Muhammad Musaad, M. Si mewakili Gubernur dan Bapak Sekretaris Daerah Selaku Atasan PPID Utama Pemerintah Provinsi Papua pada MONEV-KI Tahun 2022 dihadapan para Komisioner Komisi Informasi Pusat pada hari Selasa, 01 November 2022 di Jakarta, dengan harapan Inovasi Pelayanan Informasi Publik yang berkesinambungan di Provinsi Papua bisa meyakinkan para komisioner dan publik bahwa Papua mengedepankan transparansi pada kinerja pemerintahannya.  

Target utama MONEV-KI Nasional Tahun 2022 adalah ?Papua Informatif? dengan nilai Maksimal.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jeri Agus Yudianto, S. Kom selaku PPID Utama mengucapkan terima kasih pada Bapak Gubernur Papua melalui Bapak Sekda selaku atasan PPID Utama yang memberikan dukungan penuh guna mendorong PPID Pelaksana di setiap SKPD, mengelola Pelayanan Informasi Dokumentasi (PLID) sehingga agenda MONEV-KI Nasional Tahun 2022 bisa diikuti, ini adalah salah satu bukti bahwa setiap badan publik di Pemprov Papua proaktif dalam kinerja transparansinya pada publik. 

Target Papua Informatif bukan tujuan utama atau tujuan akhir dari kinerja Pelayanan Informasi, namun yang utama adalah Pemerintah Provinsi Papua sebagai Badan Publik patuh dan taat atas pelaksanaan Keterbukaan Informasi sebagaimana diamanatkan melalui UU 14 Tahun 2008.

Diketahui bahwa MONEV-KI Nasional Tahun 2022 diikuti oleh seluruh Kementerian dan Lembaga, BUMN dan Perum, Partai Politik, Perguruan Tinggi, dan 34 Provinsi seluruh Indonesia dimulai self assesment secara On-line pada bulan Agustus s/d Oktober 2022, dan diakhiri dengan Presntasi Uji Publik secara Off-line selama 3(tiga) hari 31 Oktober s/d 2 November 2022, sebelum Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik pada bulan November 2022 ini. *** 


Comments

Post a comment